Minggu, 25 April 2010

SILABUS MATA KULIAH

A. Identitas Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah : Teori Ilmu Kepelatihan

Kade Mata Kuliah : PORN 24131

Jumlah SKS : 2 (dua)

Dosen Penanggung Jawab : Prof. Dr. Syafrudin, M.Pd

B. Deskripsi Matakuliah

Matakuliah ini membahas isu‑isu yang berkaitan dengan masalah‑masalah yang esensial dalam pelatihan olahraga tanding (terutama bagi atlet‑atlet elit), khususnya isu‑isu yang hingga kini masih sering di di alami oleh pelatih. Pembahasan dikonsentrasikan pada: (a) Falsafah, tugas, dan peran pelatih, (b) prinsip-prinsip pelatihan yang berlaku secara universal, (c) metodologi implementasi prinsip-prinsip tsb. dalam praktek.

C. Sasaran Matakuliah

Setelah mengikuti matakuliah ini, mahasiswa diharapkan sudah‑faham mengenai prinsip‑prinsip latihan serta metodologi penerapannya di lapangan. Demikian pula mengenai teori melatih kondisi fisik serta metodologi penerapannya pada atlet berbagai cabang olahraga, yang meliputi unsur‑unsur fisik seperti daya tahan, stamina, kekuatan, power, daya tahan kekuatan, kelentukan, agilitas, kecepatan, dll.

D. Kepustakaan


Buku‑buku wajib

Bompa, Tudor 0., 1993, Periodization of Strength, Veritas Publishing Inc., Toronto, Ont., Canada.

‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑ 1994, Theory and Metodology of Training, Kendal/Hunt Publishing Company, Dubuque, Iowa.

Rushall, Brent S., dan Pyke, Frank S,, 1990, Training for Sports and Fitness, The Macmillan Company of Australia, PTY, Ltd.

Fuoss, Donald E., dan Troppmann, Robert J., 198 1, Effective Coaching, John Wiley & Sons, New York.

Harsono, 1988, Coaching dan Aspek‑Aspek Psikologis dalam Coaching, C. V, Tambak Kusuma, Jakarta.

‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑ 200 1, Latihan Kondisi Fisik, Diktat, FPOK‑UPI Bandung.

Bacaan lainnya

Harre, Dietrich, 1982, Principles of Sports Training, , Sportverlag, Berlin.

Neumann, Georg, Pfutzner, Amd; dan Berbalk, Anneliese, 2000, Vuccessful Endurance Training, 2000 by Meyer & Meyer Sport (UK) Ltd., Oxford.

Frank S. Pyke (Ed.), 1991, Better Coaching , Australian Coaching Council Incorporated, Australia.

Martin, Garry L., dan Lumsden, Jody A., 1987, Coaching, an Effective Behavioral Approach, Times Mirror/Mosby College Publishing, St. Louis, Toronto,

Pate, Russel R.; Me Clenaghan, Bruce; dan Rotella, Robert, 1984, Vcientiftc Foundations of Coaching, Saunders College Publishing, New York.


E. Materi Perkuliahan

Pertemuan

Pokok Bahasan

Sub pokok bahasan

1

Melatih sebagai profesi

Falsafah pelatih, tugas dan peran pelatih,
Ilmu dan seni melatih

2

Prinsip-Prinsip Pelatihan

Batasan training, Irama latihan, sistim multilateral, variasi latihan.

3

Kondisi Fisik Atlet

Dayatahan (Endurance) power endurance, speed endurance, strength endurance.

4

sda

Kekuatan (Strength) maksimum. Isotonik, isometric, isokinetik

5

sda

Kecepatan (Speed) reaksi, aksi.

6

sda

Kelincahan (Agility)

7

sda

Kelenturan (Fleksibilitas) static, dinamic, pasif, PNF.

8

UJIAN TENGAH SEMESTER

9

Kondisi Fisik Atlet

Power (Kekuatan dan Kecepatan) pliometrik

10

sda

Koordinasi Intra, inter.

11

Metode Latihan

Metode Interval Intensif dan Ekstensif,

12

sda

Metode Kontiniu, Durasi,

13

sda

Metode Piramid (latihan Beban)

14

sda

Teknik, taktik, strategi.

15

sda

Warming UP dan Colling Down

16

sda

Program Latihan Panjang, menengah, pendek

17

UJIAN AKHIR SEMESTER

F. Ketentuan Penilaian


Kehadiran = 20%, Partisipasi = 10%, Tugas = 30%,Ujian = 40%, dengan total 100%. Mahasiswa yang kehadiranya kurang dari 80 % atau minimal tidak hadir lebih dari 2 kali tatap muka di anggap mengundurkan diri dari mata kuliah yang bersangkutan, kecuali berhalangan dengan di sertai surat keterangan dari orang tua atau dokter.


G. Norma Penilaian

Nilai 95-80 = A

Nilai 80-60 = B

Nilai 60-40 = C

Nilai 40-20 = D

Nilai 20-00 = E

Tidak ada komentar: