A. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Teori Ilmu Kepelatihan
Kade Mata Kuliah : PORN 24131
Jumlah SKS : 2 (dua)
Dosen Penanggung Jawab : Prof. Dr. Syafrudin, M.Pd
B. Deskripsi Matakuliah
Matakuliah ini membahas isu‑isu yang berkaitan dengan masalah‑masalah yang esensial dalam pelatihan olahraga tanding (terutama bagi atlet‑atlet elit), khususnya isu‑isu yang hingga kini masih sering di di alami oleh pelatih. Pembahasan dikonsentrasikan pada: (a) Falsafah, tugas, dan peran pelatih, (b) prinsip-prinsip pelatihan yang berlaku secara universal, (c) metodologi implementasi prinsip-prinsip tsb. dalam praktek.
C. Sasaran Matakuliah
Setelah mengikuti matakuliah ini, mahasiswa diharapkan sudah‑faham mengenai prinsip‑prinsip latihan serta metodologi penerapannya di lapangan. Demikian pula mengenai teori melatih kondisi fisik serta metodologi penerapannya pada atlet berbagai cabang olahraga, yang meliputi unsur‑unsur fisik seperti daya tahan, stamina, kekuatan, power, daya tahan kekuatan, kelentukan, agilitas, kecepatan, dll.
D. Kepustakaan
Buku‑buku wajib
Bompa, Tudor 0., 1993, Periodization of Strength, Veritas Publishing Inc., Toronto, Ont., Canada.
‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑ 1994, Theory and Metodology of Training, Kendal/Hunt Publishing Company, Dubuque, Iowa.
Rushall, Brent S., dan Pyke, Frank S,, 1990, Training for Sports and Fitness, The Macmillan Company of Australia, PTY, Ltd.
Fuoss, Donald E., dan Troppmann, Robert J., 198 1, Effective Coaching, John Wiley & Sons, New York.
Harsono, 1988, Coaching dan Aspek‑Aspek Psikologis dalam Coaching, C. V, Tambak Kusuma, Jakarta.
‑‑‑‑‑‑‑‑‑‑ 200 1, Latihan Kondisi Fisik, Diktat, FPOK‑UPI Bandung.
Bacaan lainnya
Harre, Dietrich, 1982, Principles of Sports Training, , Sportverlag, Berlin.
Neumann, Georg, Pfutzner, Amd; dan Berbalk, Anneliese, 2000, Vuccessful Endurance Training, 2000 by Meyer & Meyer Sport (UK) Ltd., Oxford.
Frank S. Pyke (Ed.), 1991, Better Coaching , Australian Coaching Council Incorporated, Australia.
Martin, Garry L., dan Lumsden, Jody A., 1987, Coaching, an Effective Behavioral Approach, Times Mirror/Mosby College Publishing, St. Louis, Toronto,
Pate, Russel R.; Me Clenaghan, Bruce; dan Rotella, Robert, 1984, Vcientiftc Foundations of Coaching, Saunders College Publishing, New York.
E. Materi Perkuliahan
Pertemuan | Pokok Bahasan | Sub pokok bahasan |
1 | Melatih sebagai profesi | Falsafah pelatih, tugas dan peran pelatih,
|
2 | Prinsip-Prinsip Pelatihan | Batasan training, Irama latihan, sistim multilateral, variasi latihan. |
3 | Kondisi Fisik Atlet | Dayatahan (Endurance) power endurance, speed endurance, strength endurance. |
4 | sda | Kekuatan (Strength) maksimum. Isotonik, isometric, isokinetik |
5 | sda | Kecepatan (Speed) reaksi, aksi. |
6 | sda | Kelincahan (Agility) |
7 | sda | Kelenturan (Fleksibilitas) static, dinamic, pasif, PNF. |
8 | UJIAN TENGAH SEMESTER | |
9 | Kondisi Fisik Atlet | Power (Kekuatan dan Kecepatan) pliometrik |
10 | sda | Koordinasi Intra, inter. |
11 | Metode Latihan | Metode Interval Intensif dan Ekstensif, |
12 | sda | Metode Kontiniu, Durasi, |
13 | sda | Metode Piramid (latihan Beban) |
14 | sda | Teknik, taktik, strategi. |
15 | sda | Warming UP dan Colling Down |
16 | sda | Program Latihan Panjang, menengah, pendek |
17 | UJIAN AKHIR SEMESTER |
F. Ketentuan Penilaian
Kehadiran = 20%, Partisipasi = 10%, Tugas = 30%,Ujian = 40%, dengan total 100%. Mahasiswa yang kehadiranya kurang dari 80 % atau minimal tidak hadir lebih dari 2 kali tatap muka di anggap mengundurkan diri dari mata kuliah yang bersangkutan, kecuali berhalangan dengan di sertai surat keterangan dari orang tua atau dokter.
G. Norma Penilaian
Nilai 95-80 = A
Nilai 80-60 = B
Nilai 60-40 = C
Nilai 40-20 = D
Nilai 20-00 = E
Tidak ada komentar:
Posting Komentar